Ulasan 1 - Pointers & Dynamic Memory

ULASAN 1 - Pointers & Dynamic Memory

Ulasan ini dibuat untuk video Youtube "Dynamic Memory Allocation" pada https://youtu.be/Dml54J3Kwm4. Video ini dibuat oleh Mike Murphy dan berdurasi 7 menit. Video ini diunggah pada 21 September 2011 dan memiliki lebih dari 36.000 penonton.

Video ini menjelaskan mengenai bagaimana konsep fragmentasi dynamic memory untuk beberapa proses. Terdapat 2 jenis fragmentasi, yaitu external fragmentation, dimana tiap proses memiliki blok memori yang berbeda; dan internal fragmentation, dimana tiap proses akan memiliki blok memori yang sama besar, namun alokasinya dibagi oleh internal proses.

Video ini juga menganalisis 4 algoritma memory allocation, yaitu best fit, worst fit, first fit, dan next fit. Pada Linux kernel, algoritma yang digunakan adalah first fit. Pada algoritma first fit, sistem akan mencari blok memori pertama pada iterasi yang cukup besar untuk menampung memori proses yang diminta. Performance algoritma ini akan berkurang seiring bertambahnya memori yang dipakai.

Menurut saya, dengan waktu yang singkat, video ini dapat menjelaskan konsep alokasi dynamic memory secara jelas dan padat. Video ini tidak memberikan contoh konkrit dalam pengalokasian memori, namun konsep dasar yang diberikan lengkap dengan analisis kelebihan dan kekurangan tiap metode, sehingga penonton dapat mengetahui algoritma mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan.

Akun github saya adalah github.com/valentinakania, dan post blog ini ditulis pada http://valentina-os.blogspot.com/2017/05/ulasan-1-pointers-dynamic-memory.html. Ulasan ini didasari oleh video https://youtu.be/Dml54J3Kwm4 milik Mike Murphy yang berdurasi 7:00. Konten ini dipetakan pada materi WEEK04. Tanggal submisi revisi pertama: 17 Mei 2017. Tanggal submisi revisi terakhir: 17 Mei 2017.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ulasan 2 - Scheduling

Ulasan W00 Valentina